Diskusi: Pengertian, Unsur-Unsur, dan Jenis

Hijaz.id, Umum — Ketika akan menentukan suatu keputusan dan tujuan dengan maksud mendapatkan hasil memuaskan serta tepat diperlukan adanya suatu diskusi terlebih dahulu.

Kata-kata yang satu ini mungkin tak asing di telinga kita karena pasti semua orang pernah mendengarkannya, bahkan sudah paham dengan pengertian dari kata tersebut.

Momen bagi seseorang pernah mendengarkan kata ini adalah ketika masih di bangku sekolah, ketika para siswa akan mengerjakan suatu tugas kelompok, pastinya terdapat keadaan dimana para anggota berbicara serius mengenai apa yang menjadi permasalahan dan mencari jawaban dari persoalan tersebut.

Pengertian Diskusi

Pengertian Diskusi
Pengertian Diskusi

Kata ‘diskusi’ berasal dari bahasa Latin, yaitu discutio atau discusium yang memiliki makna bertukar pikiran.

Tetapi, tidak semua proses yang menggunakan metode bertukar pikiran dapat disebut dengan kata tersebut, proses yang masuk ke dalam kata itu merupakan proses bertukar pikiran yang terarah.

Dimana untuk menuju kearah itu terdapat proses atau jalan yang harus dilalui, hingga pada akhirnya mendapatkan hasil berupa jawaban dari permasalahan yang tengah dipecahkan bersama-sama.

Kegiatan ini pada umumnya bertujuan untuk memperoleh suatu kesepakatan akan keputusan yang diambil bersama.

Selain itu juga mencapai pengertian dan keputusan bersama mengenai permasalahan yang tengah dipecahkan dan dicari solusinya dari awal.

Karena dilakukan secara berkelompok, biasanya proses ini juga memerlukan sebuah forum, dimana dalam forum ini lahirnya proses tanya jawab sebagai satu unsur yang sangat penting.

Dilakukan secara berkelompok, artinya proses pemecahan masalah ini melibatkan lebih dari dua orang.

Baca Juga:   Bagaimana Proses Imigrasi Bisa Terjadi?

Kemudian, di dalam kelompok ini dibutuhkan seorang yang menonjol untuk memimpin jalannya proses itu, mengarahkan proses serta merangsang minat anggota untuk saling bertukar pendapat akan permasalahan yang tengah dipecahkan.

Selain itu, pemimpin ini juga berkewajiban membuka dan menutup jalannya tukar pendapat antara sesama anggota kelompok,

yang paling penting dan utama adalah sebagai moderator yakni penengah antar anggota yang saling berdebat dalam menyampaikan pendapat yang kemudian dijadikan sebuah kesimpulan.

Pengertian Diskusi Menurut Ahli

Makna dan pengertian dari ini sangat luas, untuk itulah banyak para ahli yang memiliki pendapat tersendiri mengenai hal tersebut,

setidaknya terdapat tiga ahli terkenal yang mengungkapkan makna lain terkait salah satu metode pembelajaran ini, berikut pengertian menurut para ahli tersebut.

Moh.Uzer Usman

Suatu proses yang berlangsung secara teratur dengan melibatkan sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa orang dalam suatu interaksi tatap muka secara informal,

dengan beragam pengalaman atau informasi untuk pengambilan kesimpulan atau pemecahan suatu masalah.

Hasibuan

Merupakan suatu proses penglihatan dengan melibatkan dua atau lebih orang yang berinteraksi secara verbal,

saling bertatap muka untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran tertentu melalui tukar menukar informasi dan mempertahankan pendapat demi mencapai pemecahan masalah.

Moh. Surya

Proses bimbingan dimana para murid akan mendapat kesempatan untuk menyumbang pikiran masing-masing dalam memecahkan suatu masalah secara bersama,

berlangsungnya proses ini juga membuat para anggota mampu menanamkan rasa tanggung jawab dan harga diri.

Proses tersebut akan membawa seseorang untuk dapat menambah wawasan mereka, menambah pengetahuan mengenai suatu masalah dan topik yang tengah menjadi permasalahan dan dicari pemecahan masalahnya.

Dalam proses diskusi tak hanya menggunakan satu pikiran, tetapi banyak pendapat yang dikemukakan.

Baca Juga:   Berikut Ini Penjelasan Lengkap Seputar Teori

Unsur-Unsur Diskusi

Moderator

Moderator merupakan seseorang yang bertugas memimpin jalannya proses tukar pikiran atau dapat juga disebut sebagai pemimpin.

Memiliki banyak tanggung jawab, diantaranya adalah mampu menengahi perdebatan yang terjadi antar anggota dalam proses berjalannya tukar pikiran, untuk itulah moderator merupakan unsur yang sangat penting disini.

Narasumber

Narasumber bertugas sebagai orang yang memberikan materi dalam proses bertukar pikiran, biasanya terdiri dari satu orang atau bahkan lebih.

Selain memberikan materi, narasumber bertugas memamaparkan beragam alternatif pemecahan masalah, hal ini dimaksudkan agar para anggota paham dan mengerti mengenai masalah apa yang tengah dipecahkan.

Notulen

Bisa juga disebut dengan notulis, yakni seseorang yang betugas untuk mencatat keseluruhan jalannya proses tukar menukar pendapat dari awal hingga akhir.

Notulis harus terampil dan mampu menyaring segala jenis informasi yang didapat dari hasil jajak pendapat yang dikemukakan semua anggota, baik sanggahan, pertanyaan dan penyataan.

Peserta

Tanpa peserta,proses ini tidak akan berjalan, peserta atau anggota merupakan orang yang terlibat dari proses tukar pikiran ini.

Seseorang yang menjadi peserta haruslah memperhatikan tata tertib dari proses ini, kemudian juga dituntut aktif memberikan pendapat dan pemikirannya guna memecahkan masalah yang tengah dihadapi.

Jenis Diskusi

Seminar

Merupakan suatu proses saling tukar pikiran yang berjutuan untuk mencari kesepakatan dan kesamaan terkait langkah dari pandangan yang bersifat formal.

Seminar ini biasanya memamarkan hasil yang sifatnya ilmiah, sehingga panelis yang digunakan pun merupakan seorang ahli di bidang tersebut.

Fokus seminar biasanya terdapat pada topik khusus yang dipakai dan diangkat, sehingga para peserta nantinya dapat berpartisipasi secara aktif.

Hal ini seringkali dijalankan dengan menggunakan moderator dan selalu diakhiri dengan kesepakatan atau keputusan bersama ditambah dengan resolusi.

Baca Juga:   Mengenal Bagian-Bagian Periskop Pada Kapal Selam

Pelatihan

Pelatihan atau juga dapat disebut dengan training merupakan proses yang fokusnya berada pada praktek dari sebuah teori, dalam pelatihan juga dikenal istilah belajar sambil berbuat atau dalam bahasa kerennya adalah Learning by Doing.

Pelatihan ini dilakukan juga dengan panduan dari seorang panelis.

Sarasehan

Suatu proses bertukar pikiran yang digelar dengan mendengarkan pemaparan dari hasil pemikiran para ahli terkait dengan permasalahan dalam bidang tertentu.

Berbeda dengan simposium, hasil sarasehan dapat disebarluaskan terutama dari narasumber utama, atau pendapat ahli dan juga pendapat umum yang dianggap perlu.

Simposium

Merupakan suatu proses diskusi yang cara penyelenggaraannya dengan pertemuan oleh para ahli dan peserta dari proses tukar pikiran ini,

tujuan dari pada itu adalah memberikan pengarahan sngkat sebelum digelarnya kegiatan inti yang akan dilakukan oleh para peserta forum tersebut.

Rapat

Rapat adalah salah satu media komunikasi yang sifatnya resmi, dilaksanakan dengan cara tatap muka.

Rapat sering kali membahas suatu permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan, seperti misalnya jelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, maka Karang Taruna akan melaksanakan rapat untuk menggelar acara.

Diatas merupakan penjelasan ringkas mengenai apa itu yang disebut dengan diskusi, mulai dari pengertian, pengertian menurut ahli, unsur hingga unsur yang termasuk.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda para pembaca artikel ini.

Leave a Comment