Doa Minta Keturunan, Berikut Amalan-Amalan Penunjangnya!

Hijaz.id, Amalan — Secara naluriah, setiap manusia yang telah menikah pasti menginginkan keturunan. Namun seperti yang kita ketahui, tidak semua pasangan bisa mendapatkan keturunan dengan cepat.

Karena keturunan memanglah rejeki dari Tuhan, yang tidak bisa dipaksakan. Kita hanya bisa mengusahakan agar Tuhan segera memberi rejeki tersebut, salah satunya dengan membaca doa minta keturunan.

Tidak sedikit pasangan suami istri yang mengalami kesulitan mendapatkan keturunan. Segala usaha mulai dari berkonsultasi pada dokter kandungan, doa minta keturunan, mengonsumsi obat penambah kesuburan, bahkan mendatangi dukun sudah dilakukan, namun keturunan tak kunjung didapatkan.

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, rejeki dari Tuhan siapa yan tahu ?

Sebagai manusia biasa kita hanya bisa berusaha dan berdoa. Ada yang bilang bahwa rejeki akan datang pada waktu yang tepat, namun tidak ada salahnya kita membujuk Tuhan agar rejeki kita dipercepat melalui doa-doa.

Doa minta keturunan hanyalah satu dari sekian banyak usaha yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan keinginan kita.

Islam menganjurkan setiap penganutnya untuk senantiasa berdoa dimanapun dan kapanpun. Setiap kegiatan harus diawali dengan doa dan diakhiri dengan doa.

Maka ada baiknya setiap usaha kita untuk mendapatkan keturunan diawai dengan doa minta keturunan terlebih dahulu baru setelah itu melakukan usaha-usaha lainnya, seperti konsultasi ke dokter atau minum obat penambah keturunan.

Doa minta keturunan ditujukan hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berdoa bisa dilakukan dimana saja, namun dianjurkan dalam keadaan bersih dan suci.

Doa lebih baik disampaikan secara langsung kepada Tuhan, tidak perlu melalui perantara orang lain apalagi dukun. Karena apa yang kita butuhkan, kita dan Tuhanlah yang paling tahu. Berdoa harus fokus dan serius.

Baca Juga:   Doa Pernikahan dan Keutamaan Menikah dalam Agama Islam

Kesulitan mendapatkan keturunan bukan hanya terjadi pada jaman kita saat ini, orang-orang di jaman dulu juga sudah banyak yang diberi cobaan seperti ini. Maka dari itu doa minta keturunan ada banyak sekali macamnya.

Salah satunya adalah doa Nabi Zakaria AS, yang kesabarannya dalam mengusahakan keturunan dijadikan teladan seluruh umat Islam di dunia.

Doa-Doa Minta Keturunan

Doa-doa Minta Keturunan
Doa-doa Minta Keturunan

QS Al-Furqan ayat 75 :

“Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a’yunin, waj’alna lil muttaqina imaama”

Artinya : Yaa, Tuhanku, anugerahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami beserta keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

QS Al-Anbiya ayat 89 :

“Rabb laa tadzar ni fardaw wa anta khayrul waa ritsiin”

Artinya : “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri dan engkaulah pewaris yang paling baik”

QS Ali-Imran ayat 38

“Qaala rabbi habli milladunka dzurriyyatan tayyibah, innaka samiy’uddu’aa’

Artinya : Ya Tuhan-ku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya engkau Maha Mendengar doa

QS Maryam ayat 4-6 :

”Rabbi inniy wahanal’athmuminniy wasyta’alarro’su syaybawwalam akunbiduaaa’ika rabbi syaqqiyyaa (Ayat 4). Wainniy hiftulmawaaliya mawwaraaa’iy wakaanatimra-atiy aaqiranfahabliy milladunka waliyya (Ayat 5). Yaritsuniy wayaritsu min aali ya’quwba waaj’alhu rabbi rathiyya (Ayat 6)”

Artinya: Ya Tuhan-ku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, Ya Tuhan-ku. Dan sungguh, aku khawatir terhadap kerabatku sepeninggalku, padahal isteriku seorang yang mandul, maka anugerahilah aku seorang anak dari sisi-Mu, yang akan mewarisi aku dan mewarisi dari keluarga Ya’qub, dan jadikanlah dia, ya Tuhan-ku, seorang yang diridhai.

Baca Juga:   Inilah 3 Sunnah Yang Dilakukan Pada Hari Jumat Sesuai Sunnah Nabi

QS As-Shaffat ayat 100 :

“Rabbi habli minasshalihiin”

Artinya : Ya Tuhan-ku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh

Doa-doa minta keturunan yang telah disebutkan diatas bisa menjadi referensi bagi pasangan suami istri yang sangat ingin keturunan namun belum kunjung dapat. Doa-doa tersebut bisa dibaca setelah shalat fardhu atau setelah shalat sunnah.

Berdoa selain harus bersungguh-sungguh juga harus dilakukan berulang-ulang. Sebagaimana sepeda yang dikayuh berkali-kali agar sampai pada tujuan.

Selain membaca doa-doa tersebut, ada pula amalan-amalan yang bisa dilakukan untuk memperlancar rejeki. Keturunan juga merupakan rejeki bukan? maka tidak ada salahnya melakukan amalan- amalan berikut.

Siapa tahu semua itu dapat memperkuat doa minta keturunan yang telah diucapkan. Selain mendapatkan rejeki, amalan- amalan baik juga bisa mempertebal keimanan.

Amalan-Amalan yang Bisa Dilakukan untuk Menunjang Doa Minta Keturunan

  1. Berwudhu setiap hendak melakukan kegiatan, termasuk bercinta. Niatkan untuk beribadah hanya kepada Allah SWT,
  2. Berdzikir setiap hari, minimal pagi dan malam,
  3. Sering bersedekah dalam bentuk apapun,
  4. Memperbanyak silaturahmi,
  5. Menjaga kesehatan fisik dan mental agar tetap rileks dan tidak mudah stress,
  6. Menyiapkan mental serta belajar psikologi ibu dan anak, psikologi diri dan suami sebagai orang tua.

Leave a Comment