Doa Sebelum Makan dan Keutamaan Membacanya. Kamu Wajib Tahu!

Hijaz.id, Amalan — Salah satu keistimewaan Islam, ia mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berdoa. Aktivitas apa pun ada tuntunan doa yang menyertainya. Termasuk sebelum makan, sangat disarankan kita membaca doa sebelum makan.

Di balik doa tersebut ada keutamaan dan manfaatnya. Apa saja ya doa yang bisa kita amalkan sebelum menyantap makanan? Apa saja alasan yang melatar belakangi kita untuk membaca doa.

Doa Sebelum Makan yang paling Mudah dan Keutamaannya

Doa sebelum makan yang paling singkat, mudah dan sekaligus paling shahih adalah membaca basmalah. Yakni membaca “Bismillahirahmanirahim”

Doa ini bersumber dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa menyebut nama-Nya di awal, hendaklah ia membaca, “Bismillahi awwaluhu wa akhirahu” (dengan menyebut nama Allah pada permulaan dan penghabisan makan). (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits hasan shahih)

Keutamaan doa sebelum makan ini yaitu setan akan menjauh dan tak ikut makan bersama Anda. Maka manfaatnya, makanan menjadi lebih berkah baik untuk ibadah ataupun untuk beraktivitas positif lainnya.

Apabila lupa menyebut nama Allah sebelum makan, setan akan turut makan bersamanya.

Dalam hadits lain yang turut diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, ketika Rasulullah sedang duduk, beliau melihat seseorang tengah makan tanpa menyebut nama Allah sampai makanannya hanya tinggal satu suap saja.

Baca Juga:   Bacaan 99 Asmaul Husna, Nama Allah Arti dan Maknanya

Saat ia mengangkatnya ke mulut, ia baru membaca “Bismillah awwalahu wa akhirahu.” Rasulullah tersenyum kemudian bersabda,

“Setan selalu ikut makan bersamanya. Ketika dia menyebut nama Allah, setan langsung memuntahkan makanan yang ada di  perutnya.”

Doa Sebelum Makan Paling Populer

Doa hendak makan lainnya yang lebih populer di tengah masyarakat bersumber dari hadits riwayat Malik dan Ibnu Syaibah. Aapun doa ini berbunyi:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka.”

Dalam riwayat Ibnu Sunni, sebagaimana dicantumkan Imam Nawawi dalam Al Adzkar, ada tambahan bismillah sehingga menjadi:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ بِسْمِ اللَّهِ

Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar. Bismillah

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka. Dengan menyebut nama Allah.”

Dengan doa tersebut, kita minta keberkahan makanan yang dimakan. Meminta keberkahan dalam apa yang telah Allah rezekikan.

Juga meminta perlindungan dari siksa neraka, sebab banyak orang masuk neraka karena mulutnya. Baik karena apa yang ia makan ataupun karena apa yang ia ucapkan.

Pentingnya Membaca Doa Sebelum Makan

  1. Allah suka melihat hamba-Nya banyak berdoa

Allah SWT mengajarkan doa-doa supaya kita senantiasa terhubung dengan-Nya. Selalu bergantung kepada-Nya dan senantiasa berharap hanya kepada-Nya. Setiap doa akan dikabulkan oleh-Nya.

“Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu,” (firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 186).

Allah sangat menyukai hamba-hamba-Nya yang banyak berdoa. Karena itulah, Dia ajarkan doa-doa untuk setiap aktivitas dan setiap kesempatan.

Baca Juga:   Setelah Akad Nikah, Kapankah Waktu yang Tepat untuk Walimah?

Justru saat seorang hamba tak mau berdoa, sesungguhnya itu adalah bentuk kesombongan nyata yang akan berakhir di neraka.

Dan Tuhanmu berfirman:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Al Mu’min: 60)

  1. Sesuai dengan sunnah Rasulullah

Seperti yang sudah diriwayatkan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau pernah bersabda:

“Jikalau salah satu diantara kalian akan makan atau minum, maka sebut nama Allah saat sebelum memulai makan tersebut. namun jika kalian lupa, maka kalian dapat mengucap basmalah saat awal ataupun akhir makan dan minum”

  1. Memberi banyak keberkahan dan kebaikan

Membaca doa sebelum makan sangat dianjurkan bahkan mengucapkan bismillah adalah wajib dan berdosa bagi yang meninggalkannya.

Selain karena ibnu Qayyim berkata “Yang benar adalah wajib membaca ‘bismillaah’ ketika makan. Dan hadis-hadis yang memerintahkan demikian adalah shahih dan sharih.

Dan tak ada yang menyelisihinya serta tidak ada satupun ijma’ yang membolehkan untuk menyelisihinya dan mengeluarkan dari makna lahirnya. Orang yang meninggalkannya akan ditemani syaitan dalam makan dan minumnya.”

  1. Sangat baik bagi kesehatan manusia

Dalam sebuah penelitian di negara Jepang. Dr Masaru Emoto mengadakan penelitian mengenai manfaat doa sebelum makanan dan minum. 

Sekarang hasil penelitian tersebut sudah dibukukan dalam sebuah buku karya ilmiah yang berjudul “The Hidden Message in Water”.

Dalam menjelaskan bahwa setiap minuman atau makanan yang dibacakan doa, makanan dan minuman tersebut akan mengalami suatu perubahan molekul secara lebih baik. Nah susunan molekul ini, menurutnya sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Bahkan beliau mengungkapkan pula bahwa makanan dan minuman yang baik (sudah dibacakan doa), akan mempengaruhi perilaku orang agar menjadi baik pula.

  1. Mencegah syaitan ikut serta menikmati makanan
Baca Juga:   Inilah Keutamaan Doa Untuk Orang Meninggal. Kamu Wajib Tahu!

Diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

“Apabila kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka kami tidak memulainya sehingga baginda memulai makan. Suatu hari kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba datanglah seorang gadis kecil seakan-akan anak tersebut terdorong untuk meletakkan tangannya dalam makanan yang sudah disediakan. Dengan segera Nabi memegang tangan anak tersebut. Tidak lama sesudah itu datanglah seorang Arab Badui. Dia datang seakan-akan didorong oleh sesuatu. Nabi lantas memegang tangannya.”

Sesudah itu baginda shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Sesungguhnya syaitan turut menikmati makanan yang tidak disebut nama Allah padanya. Syaitan datang bersama anak gadis tersebut dengan maksud supaya turut menikmati makanan yang ada karena gadis tersebut belum menyebut nama Allah sebelum makan. Oleh karena itu aku memegang tangan anak tersebut. Syaitan pun lantas datang bersama anak Badui tersebut agar dapat menikmati makanan. Oleh karena itu, aku pegang tangan Arab Badui itu. Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan syaitan itu berada di tanganku bersama tangan anak gadis tersebut.” (HR. Muslim no. 2017).

Semoga dengan membaca doa sebelum makan, Allah SWT senantiasa memberi rahmat dan keberkahan pada setiap makanan yang masuk ke tubuh kita. Semog bermanfaat!

Leave a Comment