Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia

Hijaz.id, Wawasan Dalam tubuh manusia terdapat  berbagai organ tubuh yang menyatu dan berfungsi sesuai dengan fungsinya. Tubuh manusia mempunyai berbagai tulang, salah satunya tulang atas yang sering disebut juga dengan humerus.

Fungsi tulang atas ini sangat penting untuk menggerakan siku dan bahu serta sebagai sistem gerak bagian lengan.

Pengertian Tulang Atas

Tulang atas atau humerus merupakan tulang panjang yang letaknya pada bagian lengan manusia. Letak tulang atas ini antara bahu dan siku.

Secara anatomis, tulang atas terbagi menjadi tiga, yaitu bagian atas humerus, badan humerus atau corpus humerus dan bagian bawah humerus.

Menurut sistem rangka, letak tulang lengan atas ini di antara tulang belikat dan juga radius ulna atau tulang pengumpil hasta.

Fungsi tulang atas yang utama adalah sebagai tempat untuk menempel otot utama untuk menggerakan bahu dan siku. Tulang atas ini sangat penting dalam sistem gerak manusia, terutama pada bagian lengan.

Tulang lengan atas berperan sebagai penghubung antara tulang lengan bawah dan gelang bahu.

Dalam tulang atas tersebut terdapat otot humerus yang berfungsi sebagai sitem gerak bahu dan siku. Dan otot pada lengan bawah yaitu otot pronator teres dan fleksor serta ekstensor lengan bawah juga melekat pada humerus.

Dengan adanya tulang atas tersebut, lengan manusia dapat bergerak sesuai dengan keinginan serta memudahkan untuk melakukan berbagai kegiatan.

Baca Juga:   Interaksi Unik dalam Simbiosis Mutualisme. Kamu Harus Tahu!

Tulang atas berada di bagian lengan atas dan fungsi utamanya dapat melekatnya otot utama dalam lengan pergerakan siku.

Dimana tulang atas sedikit lebih besar dibandingkan dengan tulang pengumpil serta tulang hasta.

Pada tulang hasta tersebut terdapat banyak sekali otot yang melekat. Tulang atas yang melekat otot utama yang dapat menggerakan semua otot lengan.

Otot utama pada lengan akan melekat serta dapat dikendalikan oleh tulang atas. Tulang atas bisa disebut juga dengan tulang humerus.

Otot yang melekat yang ada pada tulang atas merupakan otot pektoralis primer dan deltoid yang dapat membuat tulang atas penting untuk gerakan lengan dan juga gerakan bahu.

Fungsi Tulang Atas

Tulang atas mempunyai peran sendiri dalam sistem gerak manusia. Dalam tubuh manusia memang terdapat berbagai macam tulang yang menyatu sehingga membuat manusia dapat bergerak dengan baik untuk melakukan berbagai aktivitas. Untuk fungsi dari tulang atas sendiri adalah sebagai berikut.

Tempat Menempel Otot Utama

Tulang atas mempunyai fungsi yang paling utama yaitu sebagai tempat untuk menempel otot utama pada tubuh manusia. Beberapa jenis otot pada tulang atas ini yaitu pektoralis primer, otor rotator cuff serta deltoid yang berfungsi dalam sistem gerak.

Menggerakan Siku dan Bahu

Sebagai tulang atas yang terletak di antara siku dan bahu, tulang atas tentu saja berfungsi untuk menggerakan siku dan bahu tersebut.

Karena terdapat otot yang melekat di dalamnya. Otot tersebut merupakan otot pektoralis primer dan deltoid sehingga bahu dan siku dapat bergerak secara singkron.

Melakukan Rotasi dan Abduksi Pada Bahu

Tulang atas mempunyai toto rotator cuff yang berfungsi untuk melakukan rotasi dan juga abduksi pada bahu.

Baca Juga:   Fungsi dan Jenis-Jenis Barometer. Kamu Wajib Tahu!

Dengan adanya otot tersebut yang melekat pada tulang atas, membuat bahu dapat bergerak secara fleksibel dan berputar dengan baik sesuai dengan kebutuhan gerak manusia.

Menopang Kekuatan Lengan

Tulang atas ini dapat menopang kekuatan yang ada pada lengan saat bergerak. Tulang atas dapat mempengaruhi gerakan lengan yang ada dibawahnya.

Sehingga dapat memudahkan dalam melakukan aktivitas fisik sehari-hari. Serta dapat menggerakan atau membawa beban yang berat.

Melakukan Gerak Ekstensi dan Fleksi Pada Lengan

Tulang atas pada bagian siku terdapat persendian dengan ulna. Sehingga berfungsi untuk melakukan gerak fleksi dan ekstensi yang ada pada lengan.

Gerak fleksi merupakan gerak menekuk dan membengkokan, dan gerak ekstensi merupakan gerak meluruskan.

Menghubungkan Gelang Bahu dan Lengan Bawah

Tulang atas yang ada pada kelompok tulang pada anggota gerak atas. Fungsi tulang atas menjadi penghubung antar gelang bahu dan tulang bagian lengan bawah pada manusia.

Dengan adanya tulang atas tersebut menjadi sangat penting dalam sistem gerak.

Penghubung Sendi Putar

Fungsi tulang atas selanjutnya adalah sebagai penghubung sendi putar yang ada di bagian lengan, sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan adanya lengan atas.

Kegiatan yang bisa dilakukan tersebut karena adanya tulang lengan atas yaitu untuk menulis, menunjuk, menggaruk, mengambil sesuatu dan memukul serta berbagai kegiatan lainya.

Otot yang Berada Pada Tulang Atas

Tulang lengan yang ada pada daerah antara pergelangan siku dan tangan yang mempunyai otot. Tulang lengan terdiri dari potongan yang menjalankan tugas secara bersama-sama.

Alat yang berfungsi dalam berbagai aktivitas tubuh manusia. Lengan manusia bisa terlihat kokok dan kuat karena otot utama yang ada dalam sistem gerak.

Baca Juga:   Urbanisasi: Pengertian, Penyebab, Tujuan, dan Dampak

Kekuatan lengan diperoleh dari struktur tulang yang berada berdampingan erat satu sama lain.

Sehingga dapat melakukan tugas dan aktivitas yang berat seperti mengangkat beban, menggendong serta mendorong suatu benda yang mempunyai berat lebih besar dari berat manusia sendiri.

Tulang atas atau humerus terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian atas humerus, corpus humerus dan bagian bawah humerus.

Epicondylus Lateralis

Bagian atas tulang atas atau humerus ini mempunyai otot yang menempel pada tulang atas, otot tersebut meliputi otot extensor carpi ulnaris, otot supinator, otot extensor digitorum, otot extensor carpi radialis brevis, dan otot axtensor digiti minimi.

Sulcus Intertubescularis

Otot yang melekat pada tulang atas selanjutnya adalah otot pectoralis major atau primer, otot latissimus dorsi dan juga otot teres major. Semua otot tersebut mempunyai fungsi dan peran masing-masing dalam tulang atas.

Epicondylus Medialis

Selanjutnya otot yang melekat pada tulang atas yaitu otot flexor digitorum superficialis, otot flexor carpi radialis, otot flexor carpi ulnaris, otot palmaris longus dan juga otot pronator teres.

Tuberculum Mayus dan Minus

Dan otot yang melekat pada tulang atas pad tuberculum mayus dan minus ini adalah otot supraspinatus, otot teres minor, otot infraspinatus dan juga otot subscapularis.

Dengan adanya otot tersebut menjadi peran dan fungsi tulang atas dalam sistem gerak.

Selain otot tersebut, masih banyak otot yang melekat pada tulang atas atau humerus ini. Jika tulang atas terluka atau retak tentu saja akan mengganggu pergerakan lengan dan tangan manusia.

Karena otot yang ada di dalamnya mengalami gangguan juga. Terutama berdampak pada tulang hasta dan pengumpil.

Leave a Comment