Gejala Sosial: Pengertian, Penyebab, Jenis, dan Dampak

Hijaz.id, Umum — Sekarang ini berbagai masalah sosial tumbuh dan berkembang bersamaan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Gejala sosial menjadi salah satu fenomena yang tidak bisa dipungkiri lagi.

Fenomena tersebut ditandai dengan adanya permasalahan sosial yang dapat mempengaruhi berbagai aspek dan tingkah laku manusia dalam lingkungannya dan juga kehidupanya.

Pengertian Gejala Sosial

Pengertian Gejala Sosial
Pengertian Gejala Sosial

Gejala sosial atau yang dikenal juga dengan social symptom merupakan kejadian dan fenomena yang timbul dari permasalahan sosial yang dipengaruhi dan mempengaruhi setiap individu dalam menjalani kehidupan di lingkungannya.

Social symptom ini selalu berkaitan dengan masalah sosial yang tidak bisa dipisahkan.

Social symptom akan terus muncul bersamaan dengan adanya masalah sosial dalam masyarakat.

Sehingga dengan adanya Fenomena sosial tersebut dapat terjadi perubahan sosial dalam masyarakat secara signifikan.

Perubahan sosial dapat memberikan dampak positif dan negatif yang tidak dapat dihindari oleh manusia.

Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang tepat untuk mengantisipasi Fenomena sosial tersebut.

Penyebab Gejala Sosial

Social symptom dapat terjadi dalam masyarakat secara tidak disadari. Masuknya Social symptom tersebut dapat disebabkan karena berbagai faktor, sebagai berikut.

Faktor Kultural

Faktor ini berasal dari nilai dalam masyarakat dan lingkungan yang tumbuh dan berkembang.

Dari nilai tersebut dapat membentuk pola pikir setiap individu yang tinggal di lingkungan tersebut sehingga dengan bertambahnya tingkat kedewasaan, akan muncul fenomena sosial atau Social symptom.

Sebagai contoh adanya Social symptom yang disebabkan karena faktor kultural yang bernilai positif seperti kerja bakti, gotong royong, toleransi, dan ramah tamah.

Baca Juga:   Unsur dan Jenis-Jenis Hukum di Indonesia

Sedangkan untuk dampak negatif yang disebabkan karena faktor kultural ini adalah adanya kemiskinan, perilaku yang menyimpang dan berbagai masalah lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Faktor Struktural

Faktor struktural ini merupakan keadaan yang dapat menimbulkan pengaruh pada struktur dalam masyarakat.

Struktur tersebut termasuk sesuatu yang sudah disusun dengan pola tertentu melalui hubungan antar manusia dengan kelompok masyarakat yang ada di lingkungan tersebut.

Social symptom yang dipengaruhi oleh faktor struktural tersebut dapat menimbulkan dampak positif dan negatif.

Dampak positifnya adanya penyuluhan sosial yang dapat bermanfaat untuk masyarakat dan berbagai sosialisasi lainya.

Serta adanya interaksi antara individu dengan individu atau kelompok dan kelompok dengan kelompok. Dampak negatifnya bisa menyebabkan adanya kesenjangan sosial dalam kelompok tersebut.

Jenis Gejala Sosial

Social symptom terjadi pada semua bidang masyarakat dan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

Gejala Ekonomi

Gejala ekonomi ini ditandai dengan adanya status sosial dan ketimpangan penghasilkan yang berbeda-beda.

Dari segi ekonomi, setiap orang mempunyai tingkat kesejahteraan ekonomi dan berdampingan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Dalam masyarakat terdapat sejumlah orang yang penghasilan rendah bahkan tidak ada sama sekali. Sehingga dapat mengakibatkan Social symptom.

Sebagai contoh adanya Social symptom dalam bidang ekonomi yang paling umum terjadi dalam masyarakat adalah kemiskinan, pengangguran, masalah kesehatan, masalah pendudukan, masalah pendidikan dan sebagainya yang dapat dilihat dengan kasat mata dan tidak bisa disembunyikan lagi dalam lingkunganya.

Gejala Budaya

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk. Dimana terdiri dari berbagai kebudayaan dalam masyarakat tersebut.

Karena itu mudah terjadi perbedaan kebudayaan antar suku yang dapat mengakibatkan terjadinya perpecahan antara suku tersebut dan tidak saling menghormati bahkan dapat menyebabkan keresahan dalam masyarakat.

Baca Juga:   Kloroplasma: Pengertian, Fungsi, Struktur, Peran, dan Cara Kerja

Budaya juga berkaitan dengan adanya arus globalisasi yang dapat membuat berbagai kebudayaan baru yang masuk dalam masyarakat.

Budaya asing tersebut dapat menimbulkan Social symptom karena dapat mempengaruhi pola hidup masyarakat seperti gaya berpakaian, gaya hidup, gaya bicara, bahkan bisa mempengaruhi ideologi juga.

Gejala Lingkungan

Lingkungan juga dapat mempengaruhi manusia. Gejala yang dapat ditimbulkan oleh alam ini pada dasarnya disebabkan karena ulah manusia itu sendiri.

Manusia selalu memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhanya, namun tidak memperhatikan kondisi alam tersebut.

Sehingga lingkungan alam menjadi rusak dan menyebabkan dampak negatif bagi  manusia itu sendiri.

Contoh yang sering terjadi adalah membuang sampah sembarangan yang dapat menimbulkan pencemaran air dan udara.

Dari pencemaran tersebut, lingkungan menjadi tidak sehat dan timbul penyakit bagi manusia. Jika membuang sampah pada sungai dapat menyebabkan banjir ketika musim hujan.

Gejala Psikologis

Psikologi juga dapat mempengaruhi tingkah laku manusia dalam masyarakat. Adanya tekanan jiwa, stess, depresi bahkan gangguan jiwa dapat menyebabkan gejala sosial dalam masyarakat.

Biasanya akan timbul ketidaknyamanan dan keresahan jika orang yang terganggu psikologinya tersebut membuat masalah dalam lingkungannya.

Dampak Gejala Sosial

Social symptom dapat memberikan dampak terhadap masyarakat dan individu. Dampak yang paling nyata adalah adanya perubahan sosial dan budaya. Social symptom ini mempunyai dampak positif dan negatif bagi kehidupan masyarakat.

Berikut dampak yang ditimbulkan karena adanya Social symptom.

Dampak Positif

Social symptom memberikan dampak positif bagi masyarakat dan individu jika dapat diterima dengan bijak.

Dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat dan canggih, terjadi perubahan dan kemajuan di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sehingga dapat membuat kemudahan bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga:   Metagenesis Pada Hewan dan Tumbuhan

Dengan adanya teknologi, komunikasi dapat lebih mudah dan cepat, adanya internet yang dapat  digunakan untuk mencari berbagai informasi yang sedang terjadi di seluruh dunia.

Untuk bidang pendidikan dan kesehatan, adanya sarana dan prasana belajar dan mengajar yang memadai serta sarana kesehatan yang bermanfaat bagi manusia.

Dampak Negatif

Social symptom juga dapat menimbulkan dampak negatif jika tidak diterima dan digunakan secara bijak.

Saat manusia tidak dapat menyaring perubahan tersebut maka akan mengalami culture shock.

Seseorang yang tidak dapat beradaptasi dengan perubahan sosial tersebut dapat mengakibatkan terjadinya perilaku yang menyimpang dari norma dan nilai masyarakat.

Dampak negatif yang sering terjadi dan merugikan orang lain adalah perilaku korupsi. Korupsi bahkan sudah menjadi budaya di berbagai kalangan dalam suatu kelompok atau organisasi masyarakat.

Seseorang kadang tidak sadar telah melakukan tindakan korupsi ini sehingga dapat merugikan dirinya dan orang lain. Korupsi bukan hanya dalam bentuk uang saja, namun bisa korupsi waktu, tenaga dan sebagainya.

Perilaku korupsi ini dapat berupa:

  1. Mengambil sesuatu yang bukan miliknya
  2. Bolos sekolah atau tidak masuk sekolah tanpa alasan
  3. Terlambat masuk sekolah atau kerja
  4. Pulang sekolah atau kerja lebih awal
  5. Menambah uang jajan tanpa sepengetahuan orang tua
  6. Tidur pada saat diskusi atau rapat
  7. Dan sebagainya

Gejala sosial dapat menyebabkan dampak negatif yang paling besar yaitu adanya kemiskinan.

Kemiskinan merupakan masalah yang sulit diatasi secara tuntas karena setiap masyarakat mempunyai pola hidup yang berbeda-beda. Namun, salah satu penyebab kemiskinan adalah tindakan korupsi.

Social symptom yang paling sering terjadi di berbagai kesempatan yang dapat meresahkan masyarakat bahkan merugikan salah satu pihak, seperti menyebaran berita hoak, Plagiarisme di kalangan pelajar, jaringan pertemanan yang tertutup dan sebagainya.

Leave a Comment