Mengenal Istilah, Peran, dan Fungsi HRD Dalam Sebuah Perusahaan

Hijaz.id, Umum — HRD atau Human Resource Departement merupakan sebuah istilah bidang pekerjaan yang mengurusi hal-hal tentang ketenagakerjaan mulai dari mengurusi perekrutan karyawan, interview karyawan baru, hingga yang paling krusial dari seorang Human Resource Departement adalah pembinaan hingga pemberian sanksi bagi karyawan yang melanggar tata tertib perusahaan.

Jadi, peran dari seorang Human Resource Departement ini dapat dikatakan sebagai pengelola sumber daya manusia dalam  sebuah perusahaan agar perusahaan tersebut memiliki sumber daya manusia atau karyawan yang unggul dan mampu memproduksi suatu produk barang atau jasa yang sesuai dengan standart.

Pengertian Dari HRD

Pengertian HRD
Pengertian HRD

HRD merupakan sebuah profesi yang mengatur atau mengelola sumber daya manusia perusahaan.

Sebagai seorang manajer sumber daya manusia perusahaan (dalam hal ini adalah seorang karyawan) ini memiliki tanggung jawab yang cukup besar terhadap perusahaan yakni bertanggung jawab dalam hal tata pengelolaan sumber daya manusia perusahaan.

Jadi, keberhasilan atau kegagalan dalam menjalankan sebuah bidang bisnis yang bererak di bidang industrial maupun non-industrial ini juga dipengaruhi oleh tata kelola sumber daya manusia karena sebagai seorang yang manajer SDM wajib memiliki ilmu psikologi untuk menyeleksi dan membina karyawan guna mencapai target produksi yang ditetapkan oleh pemilik perusahaan.

Peran Dari Seorang HRD

Memang, peran seorang HRD cukup penting dan vital dalam sebuah perusahaan baik perusahaan yang bergerak di bidang produksi industrial maupun perusahaan non-industrial karena sebagai seorang manajer pengelola sumber daya manusia perusahaan wajib memiliki ilmu atau basic yang mampu mengetahui potensi-potensi dari seorang karyawan.

Baca Juga:   Frontliner: Pengertian, Tugas, Syarat, dan Jenis-Jenis Jabatan

Sebab, nantinya seorang manajer sumber daya manusia lah yang menentukan karyawan seperti apakah yang ditunjuk dan mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan tersebut sehingga seluruh proses produksi dari sebuah perusahaan dapat berjalan sesuai dengan target perusahaan.

Selain itu tugas dari Human Resource Departemen ini pun juga meliputi tentang pembinaan serta pemberian sanksi terhadap seorang karyawan yang melanggar peraturan dan juga tata tertib yang berlaku di sebuah perusahaan.

Pembinaan dan pemberian sanski pada karyawan yang melakukan pelanggaran tersebut guna memperbaiki sikap dan etos kerja seorang karyawan tersebut.

Bentuk pembinaan dan juga pemberian sanski tersebut juga harus sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan.

Apabila kesalahan yang masih dalam batas wajat maka selaku manajer sumber daya manusia perusahaan wajib memberikan sanski teguran.

Namun, apabila melakukan pelanggaran berat maka sanski yang diambil adalah mengeluarkan karyawan tersebut.

Fungsi HRD

Istilah HRD ini adalah merujuk pada sebuah bidang profesi seseorang yang bekerja dalam sebuah perusahaan.

Oleh sebab itu, inilah fungsi dari sebuah istilah Human Resource Departemen yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Menunjukkan Bidang Pekerjaan

Fungsi yang pertama dari istilah Human Resource Departement adalah menunjukkan sebuah profesi bidang pekerjaan.

Sebab Human Resource Departement adalah sebuah jenis bidang pekerjaan yang bertugas mengelola sumber daya manusia perusahaan.

Oleh sebab itu, seorang istilah Human Resource Departemen ini kerap digunakan perusahaan guna menunjukkan sebuah jenis bidang pekerjaan yang membawahi dan mengelola sumber daya manusia (karyawan) perusahaan.

Menunjukkan Jabatan Seseorang

Selain menunjukkan sebuah bidang pekerjaan, istilah Human Resource Departement ini juga menunjukkan sebuah jabatan seseorang.

Baca Juga:   Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil

Misalkan, Pak Andi bekerja sebagai seorang HRD di perusahaan tertentu. Artinya adalah pak Andi memegang jabatan sebagai Human Resource Departemen pada sebuah perusahaan tertentu.

Kelebihan Memiliki Seorang HRD

Di dalam sebuah perusahaan tentu saja tata kelola sumber daya manusia menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam menjalankan roda perusahaan yang bergerak di bidang industrial ataupun non-industrial.

Maka dari itu, menjadi kelebihan tersendiri apabila perusahaan memiliki dan menggunakan jasa seseorang untuk ditempatkan sebagai manajer Human Resource Departemen.

Untuk itu, inilah kelebihan-kelebihan yang dirasakan perusahaan yang menggunakan dan memiliki seorang manajer pengelola sumber daya manusia perusahaan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Mampu Membuat Situasi dan Kondisi Lingkup Kerja Menjadi Kondusif

Kelebihan yang pertama apabila perusahaan mempekerjakan seseorang sebagai manajer Human Resource Departement adalah mampu menciptakan situasi dan juga ingkup kerja menjadi kondusif.

Sebab sebagai seorang Human Resource Departement ini dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik kepada karyawan serta mampu mengendalikan situasi dan juga lingkup kerja serta dituntut untuk mampu memberikan pembinaan dan juga pemberian sanski tegas terhadap karyawan yang bermasalah secara tegas, adil, dan tanpa pandang bulu

Memberikan Arahan Dalam Proses Penyesuaian Diri Bagi Karyawan Baru

Seorang HRD  pun juga wajib memberikan arahan-arahan pada seorang karyawan yang baru bergabung agar karyawan baru tersebut dapat memahami akan beban pekerjaan yang akan dikerjakannya sehingga karyawan baru tersebut dapat melewati proses penyesuaian diri secara baik.

Selain itu seorang Human Resource Departement juga bertanggung jawab dalam membuat program penyesuaian diri karyawan baru dengan karyawan senior sebelumnya guna menjaga kondusifitas lingkup kerja dan pengenalan lingkungan kerja bagi karyawan baru.

Baca Juga:   Herbivore: Pengertian, Ciri-Ciri, Bentuk Adaptasi, Rantai Makanan, dan Contoh

Kekurangan Memiliki Seorang HRD

Selain memiliki kelebihan mempekerjakan seorang manajer pengelola sumber daya manusia, mempekerjakan seseorang sebagai HRD ini juga memiliki kekurangan dalam sebuah perusahaan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Pengeluaran Perusahaan Semakin Membengkak

Meskipun dianggap memiliki peran vital dalam proses operasional perusahaan, tetap saja mempekerjakan seseorang sebagai manajer pengelola sumber daya manusia ini justru membebankan pengeluaran perusahan khususnya sebuha perusahaan yang memiliki budget pas-pasan.

Alhasil, perusahaan dengan modal pas-pasan justru memilih tidak mempekerjakan seorang Human Resource Departement guna menghemat pengeluaran perusahaan tersebut.

Apabila perusahaan tidak memiliki seorang yang bertugas sebagai HRD maka sudah dapat dipastikan tata pengelolaan karyawan akan kacau dan tidak ada struktur organisasi antar karyawan yang berjalan sistematis dan efektif pastinya.

Untuk itu dapat dikatakan bahwa peran seorang Human Resource Departement ini cukup vital namun juga dapat membebankan pengeluaran perusahaan dengan modal pas-pasan.

HRD atau Human Resource Departement adalah jenis bidang pekerjaan yanng mengatur dan mengelola sistem sumber daya manusia (karyawan) perusahaan.

Maka dari itu, peran HRD cukup vital dan penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang produksi industrial dan non-industrial.

Leave a Comment