Memahami Arti Komprehensif dan Penggunaannya

Hijaz.id, Umum — Kata ini mungkin sudah terdengar familiar bagi kebanyakan orang, tak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Meski demikian, sering mendengar kata komprehensif bukan berarti sudah mengetahui pengertian dari kata-kata ini, jadi sebenarnya bagaimana penjelasannya?

Terdapat banyak pengertian, secara singkat bisa disebut dengan segala sesuatu yang memiliki sifat luas dan lengkap, mampu meliputi seluruh aspek dan mempunyai ruang lingkup yang sangat luas. Bahkan, bisa disebut sebagai sesuatu yang memiliki wawasan.

Pengertian Komprehensif

Pengertian Komprehensif
Pengertian Komprehensif

Pada umumnya banyak orang yang mengartikan istilah ini dengan secara menyeluruh, yang dimaksud dengan ini adalah semua sesuatu yang memiliki sifat lengkap dan luas yang meliputi seluruh aspek dengan ruang lingkup yang sangat luas,

salah satu contohnya adalah uji komprehensif.

Ujian ini juga dapat diartikan sebagai ujian yang menyeluruh, bisa meliputi seluruh poin atau apsek dari suatu bidang ilmu pengetahuan dan di dalam ruang lingkup yang luas.

Uji ini biasanya digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman mahasiswa akan ilmu pengetahuan yang ditekuninya.

Pengertian lain menyebutkan bahwa segala sesuatu yang tampak dan mempunyai wawasan sangat luas, wawasan luas terhadap sesuatu ini bisa dilihat dari berbagai sisi dan juga dapat dipahamai pada setiap sisinya tersebut.

Pemahaman yang dilakukan juga bisa secara menyeluruh sehingga ketika ada permasalahan bisa diselesaikan dengan baik dan bijaksana.

Misalnya, terdapat ilmu pengetahuan mengenai suatu daerah, ketika muncul konflik di dalam daerah tersebut seseorang yang sudah memahaminya mampu mencari solusi dengan baik dan bijaksana,

Baca Juga:   Konsep Geografi, Kamu Harus Tahu Ini!

nantinya solusi inilah yang mengakomodir semua pihak yang tengah berkonflik di dalam daerah tersebut.

Istilah ini juga bisa diartikan dengan semua sesuatu yang memiliki sifat dapat menangkap dan menerima dengan baik,

semuanya tanpa terkecuali tak hanya ilmu pengetahuan tetapi juga entah itu fakta atau pengetahuan lain yang bisa didapat oleh seseorang. Istilah ini bisa diaplikasikan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan tersebut diantaranya seperti akutansi, kebidanan, filsafat dan lain sebagainya.

Dalam bidan akutansi, istilah ini biasanya dipakai untuk laba atau pertambahan kekayaan perusahaan yang dipengaruhi hal-hal di luar koperasi normal perusahaan itu sendiri, misalnya laba yang didapat dari perubahan nilai tukar mata uang.

Pengertian Komprehensif Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia terdapat pula pengertian khusus, yakni pengertian yang diungkapkan oleh para ahli bidang ini.

Meski pada dasarnya memiliki arti yang sama, tetapi dalam menyampaikannya para ahli memiliki gaya dan bahasa tersendiri.

Webster Collegiate Dictionary

Merupakan sebuah kapasitas tentang suatu pemikiran yang digunakan untuk memahami dan mengerti akan makan yang ingin disampaiakan terhadap sesuatu tersebut oleh para ahli di masing-masing bidang ilmu pengetahuan.

Rubin

Yakni merupakan istilah yang digunakan dalam sebuah proses pemikiran yang kompleks, tujuannya adalah digunakan untuk membangun sejumlah pengetahuan dari semua bidang ilmu pengetahuan yang telah ada.

Pengertian Komprehensif Menurut KBBI

Setidaknya terdapat tiga penjelasan mengenai istilah ini menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Istilah ini diambil dari bahasa Inggris, comprehensive yang berarti lengkap, luas, menyeluruh, teliti dengan meliputi banyak hal, berikut pengertiannya menurut KBBI.

  • Bersifat menangkap, atau dapat menerima dengan baik.
  • Luas dan lengkap mengenai ruang lingkup atau isi.
  • Mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas.
Baca Juga:   Kalimat Pasif: Pengertian, Kaidah, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh

Pada dasarnya, istilah ini digunakan untuk mengungkapkan dan menyatakan suatu kondisi dimana sesuatu tersebut bisa memberikan keterangan secara lengkap dengan penjabaran yang luas sehingga mampu memberikan wawasan yang lebih.

Penggunaan Komprehensif

Istilah ini memang serin dipakai dalam berbagai bidang kehidupan, seperti yang telah disebutkan beberapa diatas. Yakni, akutansi, filsafat, kebidanan dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana pengertian penggunan istilah ini yang dipakai dalam berbagai bidang tersebut? apakah sama atau terdapat perbedaan.

Bidang Filsafat

Dalam bidang ini istilah tersebut memiliki arti yaitu suatu cara berpikir filsafat, dalam artian mengkaji segala sesuatu dengan menyeluruh sehingga tidak terdapat bagian lagi yang tersisa atau berada di luar area tersebut.

Kebidanan

Istilah yang dipakai di bidang ini bisa diartikan sebuah penanganan yang dilakukan secara berurutan atau berkesinbungan baik kepada si bayi yang dilahirkan dan ibu yang melahirkan bayi tersebut, bahkan mulai dari dalam kandungan hingga dilahirkan.

Akutansi

Dalam bidang ini bisa diartikan sebagai suatu prinsip untuk membuat laporan, seperti yang dijelaskan diatas tadi yakni laba.

Lebih dari itu juga diterapkan dalam perhitungan rugi dengan tujuan mengukur tingkat keberhasilan kinerja suatu perusahaan dalam periode tertentu.

Contoh Penggunaan Komprehensif

Istilah ini bisa dipakai dalam sebuah kalimat yang dijadikan sebagai alat penjelas akan sesuatu.

Berikut ini beberapa kalimat dengan menggunakan istilah tersebut dan dipakai dalam beberapa bidang ilmu pengetahuan yang dipelajari serta berada di lingkungan sekitar kehidupan manusia.

  • ‘Rumah sakit x mampu memberi pelayananan komprehensif kepada setiap pasien yang dirawat’

Istilah dalam kalimat ini mengandung arti bahwa rumah sakit x telah memberikan pelayanan secara menyeluruh, dimulai dari pengupayaan preventif, kuratif hingga bahkan mencapai rehabilitasi bagi para pasien yang membutuhkan.

  • ‘situs x mampu menyajikan berita komprehensif sehingga masyarakat umum dapat memahami masalah yang terjadi secara keseluruhan’.

Pengertiannya bahwa berita mengenai suatu masalah yang dilaporkan oleh situs x dihadirkan secara menyeluruh dan dikaji dari berbagai apsek sehingga kesimpulan yang didapat mampu dipahami oleh masyarakat dengan mudah.

  • ‘Laba komprehensif perusahaan x telah didapat mulai dari tahun 2009’.

Artinya, semua keuntungan perusahaan yang dipengaruhi berbagai faktor kecuali diluar operasional normal perusahaan, contoh keuntungan dari perubahan nilai tukar mata uang yang kemudian menjadi keuntungan dari perusahaan tersebut.

  • ‘Uji komprehensif bagi para mahasiswa semester akhir pasti ada dan selalu diadakan setiap kampus’.

Pengertiannya, ujian yang dimaksud meliputi semua aspek terhadap bidang ilmu tertentu yang tengah diujikan.

Baca Juga:   Metagenesis Pada Hewan dan Tumbuhan

Ujian ini digunakan untuk melihat apakah mahasiswa tersebut layak diluluskan atau tidak layak untuk diluluskan.

Pengertian dan penjelasan diatas terkait tentang komprehensif merupakan sebagaian pengetahuan mengenai istilah tersebut.

Dengan adanya pemahaman diatas diharap agar pengetahuan akan pengertian ini bisa dipahami dengan mudah oleh banyak orang.

Leave a Comment