Lensa Cembung: Pengertian, Sifat, Manfaat, Rumus, dan Contoh Soal

Hijaz.id, Wawasan — Penggunaan lensa cembung dalam kehidupan sehari-hari akan kita temui pada beberapa benda, seperti kacamata, kamera, teropong, dan masih banyak lagi lainnya. Orang yang menggunakan lensa berjenis cembung ini sebagai kacamata biasanya orang dengan gangguan mata rabun dekat atau para orang tua.

Di bawah ini kita akan membahas lengkap seputar pengertian, sinar istimewa dan sifat lensa, jenis dan sifat bayangan, sampai dengan rumusnya. Untuk penjelasan lebih detail, Anda bisa memerhatikannya di bawah.

Pengertian Lensa Cembung

Pengertian Lensa Cembung
Pengertian Lensa Cembung

Lensa berbentuk cembung merupakan lensa yang pada bagian tengahnya cenderung lebih tebal dibandingkan dengan lensa pada bagian pinggir.

Lensa seperti ini biasanya terbuat dari kaca maupun plastik dan memiliki indeks bias lebih besar dibandingkan dengan indeks biar terhadap udara.

Lensa cembung memiliki sifat bayangan yang nyata, terbalik, dan diperbesar. Sementara itu untuk jenis lensa tak cekung sendiri ada yang cembung-cembung atau bikonveks.

Kemudian ada juga yang cembung-datar atau plankovenks, dan terakhir yang bentuknya cembung-cekung atau konkaf-konveks.

Lensa yang memiliki jenis cembung-cembung lebih sering dikenal juga sebagai cembung ganda.

Sementara lensa yang dikenal sebagai cembung cekung disebut sebagai meniskus cembung. Untuk bentuk lensa yang memiliki sifat cembung cekung wujudnya bisa dibayangkan seperti bulan sabit.

Sifat-Sifat Lensa Cembung

Sifat-sifat pada lensa berbentuk cembung ini berbeda dari lensa cekung, di mana terdapat beberapa sifat, seperti sinar dapat datang dari dua arah sekaligus sehingga lensa memiliki dua titik fokus.

Baca Juga:   Wanita Sholeha, Berikut Sifat dan Ciri-ciri yang Wajib Kamu Ketahui

Lensa bagian depan adalah tempat datangnya sinar dan lensa bagian belakang tempat dibiaskannya sinar.

Bila kejadiannya 3 sinar yang dibiaskan maka sinar-sinar tersebut bersatu dalam titik potong untuk kemudian dibiaskan menuju ke satu titik.

Karena sifatnya yang seperti ini, yakni mengumpulkan cahaya maka lensa cembung juga kerap dikenal sebagai lensa mengumpulkan atau lensa konvergen.

Fokus pada lensa berbentuk cembung adalah fokus sejati, artinya fokusnya selalu positif karena tujuan bias letaknya di belakang.

Kemudian untuk besar pembiasan cahaya dipengaruhi oleh indeks bias bahan lensa disertai lengkung yang terdapat pada permukaan lensa tersebut. Berbeda dengan indeks bias.

Kalau indeks biasnya muncul dari atau bergantung pada lambat dan cepatnya rambat cahaya pada lensa.

Terakhir, sifat pada lensa berbentuk cembung adalah bila lebih tebal otomatis bias cahayanya lebih besar dibandingkan lensa yang lebih tipis. Lensa lebih tebal juga fokus lensanya lebih pendek, sebaliknya.

Manfaat Lensa Cembung

Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan lensa berbentuk cembung ini dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Sebut saja beberapa hal di bawah ini:

Sebagai Kacamata

Orang yang menderita rabun jauh atau miopi membutuhkan bantuan kacamata dengan lensa berbentuk cembung supaya bisa melihat benda dengan jelas. Jika tidak dengan kacamata, bisa juga dengan kontak lensa.

Sebagai Teropong

Lensa berbentuk cembung juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu lihat pada teropong.

Beberapa museum, seperti boscha dan sebagainya yang digunakan untuk melihat benda langit kala malam tidak ubahnya memanfaatkan lensa berbentuk cembung ini.

Sebagai Miskroskop

Lensa cembung juga dimanfaatkan dengan baik sebagai alat bantu lihat di laboratorium, entah itu untuk mengawasi bakteri, mikroba, kuman, dan lainnya yang berbentuk kecil.

Baca Juga:   Inilah Beberapa Konsep Penting dalam Seni. Kamu Wajib Tahu!

Penyebutan untuk benda ini adalah mikroskop, biasanya kerap digunakan oleh pelajar jurusan sains.

Sebagai Kaca Pembesar

Jika Anda kerap menyaksikan film detektif, penggunaan lup atau kaca pembesar untuk setiap aksinya itu bukan assesoris.

Ada alasan tersendiri kenapa kaca pembesar digunakan, yakni karena benda tersebut sudah dilengkapi dengan lensa berbentuk cembung yang memperjelas benda.

Manfaat Lainnya

Manfaat lainnya dari lensa berbentuk cembung dalam kehidupan sehari-hari ini digunakan untuk beberapa benda, seperti pada periskop, proyektor di bioskop, episkop, slide proyektor, dan masih banyak lagi benda lainnya.

Rumus dan Contoh Soal Lensa Cembung

Jika diaplikasikan ke dalam rumus, maka lensa berbentuk cembung ini memiliki 3 keterangan, diantaranya f sebagai jarak fokus lensa, s sebagai jarak benda terhadap lensa, dan s’ jarak bayangan terhadap lensa.

Ketiga keterangan tersebut sama-sama memiliki satuan ukuran dalam sentimeter.

Penerapan rumusnya adalah 1/f = (nk/nu – 1) (1/R1 + 1/R2). nu adalah indeks bias yang tercipta antara udara dan air.

Sementara R1 dan R2 merupakan kelengkungan dari lensa berbentuk cembung tersebut. Berbeda lagi jika yang ditanyakan adalah rumus mencari bayangan, maka didapati 1/f = 1/s + 1/s’.

Lensa tak cekung juga memiliki rumus pembesaran, yakni M = S’/S atau M = h’/h atau bisa juga Anda mengaplikasikan rumus M = f/ (s-f).

Kita akan coba satu soal dan menyelesaikannya dengan jawaban singkat. Untuk soalnya, bisa simak dari pembahasan di bawah:

Sebuah lensa tak cekung memiliki lensa cekung berbeda, yakni 12 cm dan 15 cm. Jika lensanya dari kaca dengan kelengkapan indeks bias sebesar 4/3 maka fokus lensa di udara sama dengan 1.

Penyelesaiannya adalah: 1/f = (4/3 – 1) (1/12 + 1/15), 1f = 1/3 (5/60 + 4/60), 1f = 1/3 x 9/60 = 1/20, dan hasil f nya sama dengan 20 cm.

Baca Juga:   Beginilah Struktur Penulisan Teks Prosedur. Kamu Harus Tahu!

Solusi Selain Menggunakan Kacamata Lensa Cembung

Orang yang menderita rabun jauh atau miopi dikatakan bisa dibantu menggunakan kacamata dengan kelengkapan lensa berbentuk cembung.

Namun, ternyata Anda juga bisa menangani rabun jauh tersebut dengan beberapa cara lainnya, seperti lasik, lensa kontak, obat tetes mata, atau implan lensa buatan.

Obat mata seperti apa yang bisa membantu penderita miopi? Obat mata ini lebih tepatnya tidak dipergunakan untuk mengurangi minus, namun untuk mencegah angka minus pada seseorang bertambah.

Dan lagi Anda tidak boleh menggunakan obat ini secara sembarangan karena harus sesuai dengan resep dokter.

Lasik adalah metode terpopuler yang bisa menggantikan penggunaan lensa berbentuk cembung sebagai kacamata.

Operasi ini merupakan pemanfaatan sinar laser pada mata yang terkena rabun jauh. Sinar laser dipergunakan demi mengatur tingkat lengkung kornea. Sayangnya, operasi ini hanya cocok untuk usia 21 tahun ke bawah.

Lensa berbentuk cembung adalah salah satu jenis lensa yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Adanya lensa berbentuk cembung membuat para pengamat, seperti di bidang biologi lebih jeli memerhatikan benda-benda kecil.

Di samping itu penggunaan lensa cembung juga bisa menyuguhkan tampilan langit yang lebih indah di kala malam hari.

Leave a Comment