Mengupas Arti Kata Dari Istilah Olahraga

Hijaz.id, Wawasan — Setiap orang tentu saja telah mengerti tentang apa itu olahraga bukan ? Memang kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kebugaran, kesehatan, dan juga kestabilan tubuh dengan cara melakukan gerakan-gerakan senam seperti pemanasan, perenggangan, dan juga pendinginan guna melatih otot tubuh agar tetap kencang sehingga terhindar dari rasa sakit.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) olahraga merupakan sebuah kegiatan atau aktifitas fisik yang mana melibatkan anggota tubuh untuk bergerak secara berulang kali sehingga dari pergerakan tubuh tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan, kestabilan, dan kebugaran tubuh seseorang yang melakukannya.

Pengertian Kegiatan Olahraga Menurut Para Ahli

Pengertian Olahraga
Pengertian Olahraga

Kata atau istilah “olahraga” ini memiliki beragam arti dan makna menurut para ahli. Untuk itu inilah arti dan makna kegiatan berolahraga menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Edward

Edward menyebut bahwa kegiatan berolahraga adalah suatu konsep untuk menggerakkan tubuh secara mendadak seperti bermain game.

Jessica Doland

Jessica Doland menyebut bahwa kegiatan berolahraga ini merupakan “obat pereda” stress karena dengan melakukan gerakan-gerakan tubuh ini dapat mengalirkan darah dalam tubuh sehingga merelaksasi pikiran dan tentunya mengurangi rasa stress.

Hans Tandra

Kegitan berolahraga merupakan sebuah aktifitas menggerakkan tubuh secara teratur dan berirama dengan harapan bahwa otot-otot yang terdapat dalam anggota tubuh tidak kaku dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas sehingga terhindar dari beragam jenis virus dan penyakit.

Baca Juga:   Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil

Suryanto Sukmono S, Si

Menurut Suryanto Sukmono S, Si ini mendefinisikan kegiatan berolahraga merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih tubuh manusia agar tetap terlihat segar, kuat, dan tampak fresh degan cara melenturkan otot dalam tubuh.

Situs Wikipedia

Kata olahraga sendiri menurut situs wikipedia ini memiliki arti yakni suatu aktifitas yang bertujuan untuk melatih tubuh seseorang dengan tujuan untuk mendapatkan kesehatan secara jasmani maupun secara rohani sehingga terhindarkan dari rasa stress, depresi, virus, dan beberapa jenis penyakit lainnya

Mengapa Banyak Orang Melakukan Kegiatan Olahraga ?

Beberapa dokter memang menganjurkan melakukan kegiatan berolahraga guna menjaga tubuh seseorang agar tetap sehat dan terhindar dari beragam virus penyakit. Mengapa demikian ?

Sebab dengan melakukan tindakan fisik yang bertujuan untuk melatih tubuh agar tetap bergerak ini tentu saja meningkatkan kekebalan tubuh dan daya imunitas seseorang sehingga akan terhindar dari serangan virus ataupun bakteri yang mungkin menyerang tubuh seseorang yang gemar berolahraga.

Maka tak heran bila kini banyak orang memilih melakukan kegiatan berolahraga secara rutin mulai dari para remaja hingga orang dewasa yang berusia lanjut pun juga tidak ketinggalan untuk melakukan kegiatan tersebut guna tetap sehat dan tetap dapat menjalankan kesibukan aktifitas dalam kesehariannya.

Manfaat Melakukan Kegiatan Olahraga

Beberapa orang beranggapan bahwa melakukan kegiatan berolahraga ini sangat bermanfaat untuk menjaga stamina dan juga kekebalan tubuh sehingga terhindarkan dari rasa sterss, depresi, dan juga virus penyakit.

Namun manfaat dari kegiatan berolahraga tidak hanya sekedar menjaga kebugaran tubuh dan menjaga keprimaan stamina saja melainkan terdapat beberapa manfaat dari melakukan kegiatan olahraga lainnya.

Maka dari itu inilah beberapa manfaat dari melakukan kegiatan berolahraga. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Baca Juga:   Membuat Gambaran Umum Suatu Penelitian Melalui Abstrak

Membentuk Tubuh

Banyak orang yang beranggapan bahwa kelebihan berat badan menjadi suatu masalah karena Anda tidak percaya diri memiliki masalah kelebihan pada berat badan.

Oleh sebab itu dengan berolahraga maka Anda akan dapat membentuk tubuh Anda dan juga mengurangi lemak jenuh dalam tubuh dengan cara berolahraga.

Berkesempatan Menjadi Seorang Olahragawan

Manfaat melakukan kegiatan berolahraga adalah Anda memiliki keseimpatan menjadi seorang olahragawan yang tentunya mewakili Negara dalam berbagai ajang atau event olahraga apapun sehingga secara tidak langsung Anda turut mengharumkan nama bangsa melalui permainan atau kegiatan olahraga.

Maka dari itu kegiatan berolahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan stamina tubu saja melainkan juga bermanfaat untuk membantu Anda mengurangi lemak jenuh dalam tubuh, membentuk tubuh agar terlihat atletis, hingga dapat memperoleh kesempatan menjadi seorang olahragawan dan mewakili Negara di turnamen keoahragaan dunia.

Jenis-Jenis Cabang Olahraga yang Banyak Diperlombakan

Hampir setiap tahun tentu saja terdapat beberapa jenis cabang olahraga yang diperlombakan melalui turnamen, event, maupun kejuaraan.

Untuk itu inilah beberapa jenis cabang olahraga yang kerap mengadakan turnamen, event, ataupun kejuaraan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Sepak Bola

Permainan sepak bola merupakan salah satu jenis permainan yang mengandung kegiatan berolahraga yang banyak dimainkan dan sangat digandrungi oleh para kaum adam karena permainan sepak bola ini tercipta bagi kaum lelaki.

Sebab seorang pemain bola dituntut untuk bergerak dan berlari sehingga hal ini lah yang menjadi penanda bahwa sepak bola adalah bagian dari kegiatan berolahraga.

Bola Basket

Sama halnya dengan permainan sepak bola, permainan bola basket juga menjadi kegiatan berolahraga yang juga banyak dimainkan oleh kaum adam dan juga kaum hawa karena permainan ini cukup menarik untuk dimainkan.

Baca Juga:   Mengenal Bagian-Bagian Periskop Pada Kapal Selam

Permainan bola basket ini juga menjadi bagian dari kegiatan berolahraga karena para pemain bola basket ini terus bergerak, berlari, dan menggerakkan anggota tubuh seperti melakukan kegiatan berolahraga setiap harinya.

Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis ini juga menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat populer di Indonesia.

Prestasi pebulu tangkis asal Indonesia ini pun juga sangat membanggakan karena beberapa pemain bulu tangkis asal Indonesia ini menempati urutan nomor 1 dunia sehingga Indonesia dikenal sebagai negara para juara pada kejuaraan bulu tangkis dunia.

Bulu tangkis ini juga mengandung kegiatan berolahraga karena hampir seluruh tubuh selalu bergerak sehingga otot dalam tubuh semakin lentur karena melakukan beberapa pergerakan yang tentunya melatih otot tubuh sehingga terhindar dari masalah otot kaku yang menyebabkan penyakit asam urat.

Berolahraga merupakan sebuah tindakan atau kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kestabilan stamina seseorang.

Sebab, tanpa berolahraga maka tubuh Anda akan mudah terserang penyakit dan juga virus. Maka dari itu disarankan bagi Anda untuk berolahraga satu minggu satu kali guna menjaga kebugaran tubuh dan kestabilan stamina Anda.

Leave a Comment