Inilah Teknik Dasar Sepak Bola Yang Wajib Kamu Ketahui!

Hijaz.id, Umum — Sepak bola merupakan permain yang populer di banyak kalangan baik anak-anak, dewasa, laki-laki, maupun perempuan. Permainan sekaligus olahraga ini seringkali mengandalkan kecepatan, kemampuan, serta strategi.

Karena itu Anda harus menguasai teknik dasar sepak bola agar bisa bertanding secara maksimal jika ada lawannya.

Teknik Dasar Sepak Bola Untuk Menggiring 

Dribble atau menggiring bola harus dikuasai oleh semua pemain, kecuali kiper. Menggiring sendiri adalah suatu gerakan menjalankan atau membawa bola dengan kaki menuju ke daerah pertahanan lawan.

Selain itu, teknik dasar sepak bola yang satu ini seringkali berguna untuk melewati atau mengelabui lawan.

Teknik ini harus Anda praktekkan saat dalam kondisi sendirian, tanpa adanya teman yang berada di dekatmu yang siap dioper bola.

Namun, jika ada teman sebaiknya segera oper kepadanya supaya lebih aman, tentu saja pastikan lawan jauh dari posisi teman. Teknik yang satu ini ada dua jenis yaitu:

Speed dribbling

Adalah teknik menggiring bola ke depan yang kemudian Anda harus mengejarnya dengan berlari secepat mungkin. Pastikan bahwa Anda jauh dari tekanan lawan atau berada jauh dengan pemain lawan lainnya.

Jadi, lakukan teknik ini ketika ada daerah lapangan yang sepi tau kosong pemain lawan.

Close dribbling

Merupakan teknik menggiring bola yang harus selalu terkontrol, sebab harus dilakukan ketika berada dalam tekanan lawan. Adapun posisi bola tidak boleh sampai dari satu meter dari kaki Anda untuk memastikan keamanannya dari pihak lawan.

Baca Juga:   Inilah Struktur dan Kaidah Kebahasaan dalam Teks Eksplanasi

Teknik Menendang Bola

Teknik Menendang Bola
Teknik Menendang Bola

Menendang bola tidak kalah pentingnya dalam permainan sepak bola. Teknik dasar yang satu ini memang tampak mudah dilakukan, namun untuk beberapa kasus membutuhkan latihan khusus dan ekstra.

Menendang paling mudah dan sederhana adalah dengan kaki sisi dalam dan luar.

Namun, sebenarnya Anda bisa melakukannya dengan anggota tubuh lainnya, kecuali tangan seperti punggung, tumit, dan ujung kaki atau sepatu.

Jika jarak dekat gunakan kaki bagian luar untuk menendang bola, sedang bila jarak jauh gunakan punggung kaki agar bola bisa mendarat ke lokasi yang jauh dan bisa tepat sasaran.

Teknik Mengumpan Bola

Teknik dasar sepak bola yang paling penting adalah mengumpan atau passing. Sebab, melakukan passing seringkali dinilai lebih efektif dari pada menggiring bola.

Penguasaan bola saat di lapangan juga ditentukan oleh teknik umpanan apakah baik dan strategis atau tidak. Begitu pula dengan kesiapan pemain lain saat diberi umpan.

Passing bisa dilakukan dengan kaki dalam, luar maupun punggung kaki. Mengumpan bola dengan kaki dalam biasa dilakukan untuk memberikan bola jarak pendek kepada teman.

Sedangkan, jika jarak Anda dengan teman ternyata jauh, sebaiknya gunakan punggung kaki, sehingga hasilnya lebih keras dan kuat.

Segera lakukan passing jika memang posisi lawan hampir mendekati Anda. Jangan sampai melakukannya tepat dalam kondisi tertekan atau kepepet oleh pemain lawan.

Hal itu bisa memicu kesalahan seperti umpan tidak akurat, tidak sampai pada lokasi yang dituju hingga bola justru ditangkap oleh pemain lawan dan sebagainya.

Teknik Menghentikan Bola

Menghentikan bola tidak kalah pentingnya dari teknik dasar sepak bola lainnya semacam menendang. Keduanya ini sebenarnya masih dalam satu jalur dan seringkali dilakukan secara bersamaan.

Baca Juga:   Mengupas Arti Kata Dari Istilah Identifikasi

Dengan menghentikan bola, artinya Anda juga melakukan kontrol bola seperti mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan hingga strategi awal untuk melakukan passing.

Teknik menghentikan bola bisa dilakukan menggunakan kaki bagian luar, dalam, punggung kaki, telapak kaki, paha, dada, hingga perut. Anda bisa memilihnya salah satu sesuai dengan situasi dan kondisi.

Jika memang bolanya berada di bawah terus tentu menggunakan kaki untuk menghentikannya, namun bila bola melayang dan hendak mendarat Anda bisa segera menghentikannya dengan paha ataupun dada.

Teknik Melempar Bola ke Dalam

Lemparan bola ke dalam berlaku jika bola keluar dari sisi lapangan dan masih dalam waktu permainan. Pelempar adalah pemain dari tim yang tidak menyentuh bola untuk terakhir kalinya atau sebelum bola keluar.

Lemparan tentu dilakukan di luar lapangan, dimana bola keluar.

Caranya terbilang mudah yaitu Anda hanya harus melempar bola dengan kedua tangan di atas kepala.

Perhatikakan pula posisi kaki yaitu sejajar rapat, salah satu kaki di depan atau di belakang, atau kedua kaki dibuka lebar. Tentu saja kaki tetap menempel di tanah sambil sedikit menjinjit.

Teknik Menyapu dan Merebut Bola

Jika Anda dalam kondisi jarang mendapatkan bola, jalan keluarnya adalah menyapunya dari pemain lawan. Jadi, teknik merebut bola ini penting dan harus dilakukan, tentu saja harus melalui latihan yang maksimal.

Hal itu mengingat caranya yang rawan dan resiko terjatuh bahkan terluka baik bagi diri sendiri maupun pemain lawan.

Adapun tips dan cara melakukan teknik sliding teckle ini adalah:

  • Lakukan di waktu yang tepat

Anda harus pandai dalam melihat situasi serta kondisi dalam lapangan, khususnya pemain lawan yang akan jadi incaran merebut bola. Jika tidak tepat, justru Anda akan dikenakan sanksi barupa kartu kuning oleh wasit.

  • Pelajari dan praktekkan teknik dasarnya
Baca Juga:   Berikut Penjelasan Lengkap Seputar Evaluasi

Teknik dasar yang utama adalah meluncur serta menjatuhkan diri ke lapangan atau rumput. Pelajari dan biasakan gerakan tersebut agar Anda tidak syok dan tahan banting saat mempraktekkannya dalam pertandingan.

Selain itu, sliding sebaiknya dilakukan dari belakang lawan atau menggunakan teknik menggunting.

Di samping itu, Anda juga harus mempelajari teknik merebut bola dari lawan. Untuk melakukannya tidak ada teknik atau cara khusus, namun yang paling mudah adalah menghadang bola saat diumpan oleh pihak lawan.

Jadi, pastikan posisimu tepat dan strategis jika ingin merebut bola.

Teknik Menangkap Bola

Menangkap bola merupakan teknik khusus yang harus dikuasai betul oleh kiper. Teknik dasar sepak bola yang satu ini memang tampak mudah, namun ternyata membutuhkan latihan khusus dan harus terbiasa.

Latihannya seringkali dilakukan dengan menangkap bola dari kanan, kiri, ataupun tendangan pinalti. Jadi, ini membutuhkan ketangkasan dan kecepatan.

Selain beberapa teknik yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada teknik lain yang tak kalah pentingnya yaitu menyundul bola. Sundulan ini sering menjadi alternatif pemain untuk mengatasi bola-bola lambung.

Hal itu bisa dilakukan untuk mengoper bola, membuang ataupun memasukkan bola ke gawang lawan. Semua teknik di atas harus Anda kuasai jika ingin menjadi pesepak bola handal.

Leave a Comment