Teks Negosiasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, dan Struktur

Hijaz.id, Umum — Setiap manusia pada umumnya sudah pernah melakukan tawar menawar dengan orang lain dalam aktivitas jual beli, baik pihak bank, pengusaha ataupun yang lainnya. Dalam proses tawar menawar ini sering disebut dengan negoisasi.

Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai  pengertian teks negosiasi dan strukturnya dengan lebih rinci.

Adapun ciri-ciri negoisasi yang sangat menonjol yaitu untuk mencari penyelesaian dan menghasilkan suatu keputusan yang saling menguntungkan untuk kedua pihak. Tujuan dilakukan negoisasi yaitu untuk mendapatkan kata “sepakat”.

Pengertian Teks Negosiasi

Pengertian Teks Negosiasi
Pengertian Teks Negosiasi

Teks negosiasi merupakan suatu bentuk interaksi sosial yang berguna untuk mencapai penyelesaian dan memperoleh keputusan bersama diantara pihak-pihak yang memiliki perbedaan dalam kepentingan.

Pihak-pihak tersebut akan berusaha untuk menyelesaikan perbedaan dengan cara berkomunikasi dan tidak saling merugikan antara salah satu pihak yang bersangkutan.

Negoisasi ini dilakukan karena pihak-pihak yang berkepentingan perlu membuat suatu kesepakatan tentang permasalahan yang menuntut untuk diselesaikan secara bersama-sama.

Tujuannya untuk menghindari perbedaan posisi di setiap pihak, dengan mencari cara untuk menemukan solusi agar tercipta suatu kesepakatan yang disetujui secara bersama-sama.

Sebelum dilakukan negoisasi sebaiknya ditetapkan terlebih dahulu siapa wakil-wakil dari kedua belah pihak, begitu pun struktur atau bentuk interaksi (apakah terdapat dialog atau mediasi).

Tujuan Adanya Negosiasi

Teks negoisasi memiliki tujuan mencari solusi dan kesepakatan bersama yang saling menguntungkan dalam suatu permasalahan. Supaya, tidak ada yang merasa dirugikan antara pihak yang satu dengan yang lainnya.

Baca Juga:   Apakah Kecepatan dan Kelajuan Itu Sama? Simak Penjelasannya!

Hal yang menjadi prioritas utama dalam negoisasi yaitu untuk kepentingan bersama dan tidak ada salah satu pihak yang mementingkan diri sendiri.

Teks negoisasi bisa berfungsi sebagai sarana yang digunakan dalam proses jual beli atau dalam penyelesaian kesalahpahaman. Berikut ini beberapa tujuan negoisasi di dalam hal bisnis:

  • Untuk mencapai suatu kesepakatan berasama, saling pengertian dan atas persetujuan masing-masing pihak.
  • Untuk mencari jalan keluar atau mencapai penyelesaian dari suatu masalah yang dihadapi secara bersama-sama.
  • Untuk mencapai suatu kondisi yang saling menguntungkan dan tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan. (win-win solutition).

Ciri-ciri Teks Neogisasi

Hal yang membedakan antara teks negoisasi dengan teks yang lain, karena negoisasi memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut.

  • Memiliki arah tujuan yang lebih praktis.
  • Negoisasi memberikan hasil dan kesepakatan yang saling menguntungkan.
  • Negoisasi lebih memprioritaskan untuk kepentingan bersama dan tidak ada yang merasa dirugikan untuk masing-masing pihak.
  • Negoisasi merupakan salah satu sarana untuk mencari cara menyelesaikan suatu masalah.

Manfaat Teks Negosiasi

Dalam pembahasan mengenai tujuan negoisasi, tentunya negoisasi juga memiliki manfaat-manfaat yang bisa diperoleh sesudah melakukan suatu negoisasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Berikut ini beberapa manfaat negoisasi:

  • Untuk menciptakan hubungan kerja sama antar instansi, perusahaan, badan usaha atau perorangan dalam melakukan suatu usaha atau kegiatan bersama yang saling menguntungkan.
  • Untuk mensukseskan suatu kerja sama satu sama lain antar instansi, perusahaan, badan usaha atau perorangan dalam suatu usaha atau kegiatan yang sedang dijalankan bersama.
  • Untuk mengurangi permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan, badan usaha atau perorangan dan lembaga instansi.

Struktur Teks Negosiasi

Negoisasi tidak hanya berupa kata-kata yang mudah diucapkan di lisan saja, namun dapat digunakan dan dibuat dengan berupa teks. Berikut ini akan dibahas mengenai struktur apa saja yang terdapat pada teks negoisasi:

Baca Juga:   Mengenal Hukum Newton 1, 2, 3, dan Pengaplikasiannya

Teks Negosiasi Sebagai Pemecah Suatu Konflik

Struktur teks untuk negoisasi terdiri dari: Pembuka, Isi dan Penutup.

  1. Bagian Pembuka

Bagian pembuka berisi kata sapaan atau pengenalan diri dari kedua belah pihak yang kemudian akan dimasukkan ke dalam pokok pembicaraan suatu permasalahan.

  • Bagian Isi
  • Pertama: Pada bagian teks untuk negoisasi merupakan penyampaian materi yang berisi suatu pertanyaan atau pemberitahuan tentang objek atau permasalahan yang akan di negoisasikan oleh kedua belah pihak.
  • Kedua: Pada bagian isi teks untuk negoisasi merupakan hal tawar-menawar dalam penyelesaian suatu masalah dari kedua belah pihak untuk memperoleh suatu kesepakatan bersama.
  • Ketiga: Bagian penutup berisi suatu teks salam penutup antara kedua belah pihak.
  • Bagian Penutup

Berisi salam penutup diantara kedua belah pihak

Teks Negosiasi Sebagai Kerja Sama

Struktur teks untuk negoisasi kerja sama terdiri dari: Pembuka, Isi dan Penutup

  1. Bagian Pembuka

Berisi tentang pengenalan diri atau sapaan dari kedua belah pihak yang berkepentingan bersama untuk mengawali pokok pembicaraan masalah yang akan dibahas.

  • Bagian Isi

Bagian ini merupakan isi dari sebuah teks negoisasi yang terdiri dari 3 bagian, antara lain:

  • Pertama: Bagian ini berisi suatu penyampaian materi dan berisikan pemberitahuan atau pertanyaan mengenai suatu objek dari permasalahan yang akan dinegoisasikan antara kedua belah pihak.
  • Kedua: Bagian ini merupakan suatu negoisasi kerja sama untuk suatu pengajuan, penawaran dan juga persetujuan.
  • Ketiga: Bagian ini berisi salam penutup.
  • Bagian Penutup

Pada bagian ini berisikan salam penutup diantara Kedua belah pihak.

Teks Negosiasi untuk Penjual dan Pembeli

Struktur teks untuk penjual dan pembeli terdiri dari: Pembuka, Isi dan Penutup.

  1. Bagian pembuka

Bagian pembuka berisi pengenalan diri atau salam sapaan dari kedua belah pihak sebelum proses negoisasi dilakukan.

Baca Juga:   Bilangan Biner Beserta Penjelasan Paling Lengkap!

Pada bagian ini relative sama dengan ke dua negoisasi yang dibahas sebelumnya. Hanya saja negoisasi untuk penjual dan pembeli memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda.

  • Bagian Isi

Berupa isi dari teks untuk negoisasi kerja sama dan memiliki 5 bagian penting yang tergantung pada jumlah dan jenis barang yang akan dibeli, berupa permintaan, penawaran, pembelian dan yang terakhir yaitu persetujuan.

  • Bagian pertama: Berisikan permintaan konsumen yang berupa barang dan jasa yang akan dibeli.
  • Kedua: Berisi tentang penawaran harga dari barang yang akan dibeli oleh konsumen. Dalam hal ini, maka seorang penjual harus dapat menanggapi tawaran yang sudah disebutkan oleh konsumen.
  • Ketiga: Berisikan tentang pemenuhan suatu barang atau jasa oleh penjual yang sudah dipesan konsumen.
  • Keempat: Berisikan mengenai suatu pembelian yang dilakukan oleh konsumen pada penjual barang. Dalam hal ini, penjual dan konsumen sudah bersama-sama melakukan kesepakatan dalam menentukan harga barang yang dijual.
  • Kelima: Berisikan suatu persetujuan dari konsumen dan penjual terhadap harga dan jumlah barang yang akan dijual.
  • Bagian Penutup

Berisi teks untuk negoisasi yang berupa salam penutup yang dilakukan oleh penjual dan pembeli.

Beberapa penjelasan mengenai teks negosiasi di atas, mulai dari pengertian negoisasi, tujuan negoisasi, ciri-ciri negoisasi dan struktur teks negoisasi di atas semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk Anda.

Leave a Comment